Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan - Studi Kasus Sistem Parkir Non Tunai

Deskripsi

Sistem Parkir Non Tunai adalah salah satu perangkat internet of things untuk membantu pihak yang membutuhkan sistem terintegrasi dari pengaturan tiket dan pembayaran parkir secara cepat dan instan. Cara kerjanya mirip dengan sistem parkir tradisional yang memiliki gate, hanya saja seluruh operasinya menggunakan otomasi terutama dari segi pembayaran yang menggunakan kartu atau QRIS sebagai metode pembayarannya.


Proses bisnis sistem ini dimulai saat pengguna akan memasuki lahan parkir. Pengguna akan diarahkan untuk menekan tombol untuk mengambil kertas saat akan memasuki area parkir. Setelah pengguna mendapatkan karcis, palang parkir akan membuka dan pengguna dapat memasuki lahan parkir. Saat ingin keluar, pengguna menempelkan karcis ke palang parkir lalu memilih metode pembayaran. Pengguna dapat memilih untuk membayar melalui kartu kredit atau QRIS. Jika pengguna memilih kartu kredit, pengguna tinggal menempelkan kartunya ke dekat layar. Jika pengguna memilih QRIS, pengguna dapat melakukan scan pada kode QR. Setelah selesai membayar, palang pintu akan terbuka dan pengguna dapat keluar dari area parkir.

Identifikasi User dan Stakeholder

User: Pengunjung lahan parkir
Stakeholder: Pengelola lahan parkir

Kebutuhan User dan Stakeholder

User
  • Menerima karcis
  • Memasuki lahan parkir
  • Melakukan pembayaran non tunai
Stakeholder
  • Mendapat laporan pendapatan lahan parkir
  • Mendapat statistik penggunaan lahan parkir

Aspek Penting

  • Akses internet
  • Kamera CCTV
  • Ketersediaan listrik
  • Ketersediaan lahan
  • Ketersediaan kertas karcis
  • Database dan server

Comments